Le Cordon Bleu adalah sekolah perhotelan dan kuliner internasional yang mengajarkan masakan Prancis. Fokus pendidikannya adalah manajemen perhotelan, kuliner, dan keahlian memasak. Lembaga ini terdiri dari 35 lembaga di 20 negara.

Le Cordon Bleu dalam bahasa Inggris berarti The Blue Ribbon yang pasalnya identik dengan masakan Prancis yang sangat lezat. Nama Le Cordon Bleu telah digunakan untuk pertama kalinya sejak abad ke-16 ketika Raja Henry III menciptakan salah satu pesanan paling penting di Prancis, “L’Ordre du Saint-Esprit.” Melambangkan pesanan ini adalah salib Roh Kudus yang digantung pada pita biru atau un cordon bleu. Karena sifat bergengsi dari Ordo ini dan pesta-pesta dekaden yang menyertai upacara-upacara mereka, nama Le Cordon Bleu menjadi terkenal dan terkenal.

Nama ini diadopsi oleh majalah kuliner Prancis, La Cuisinière Cordon Bleu, yang didirikan oleh Marthe Distel pada akhir abad ke-19. Majalah itu mulai menawarkan pelajaran oleh beberapa koki terbaik di Prancis.

Majalah ini berkembang menjadi sekolah perhotelan dan kuliner Le Cordon Bleu yang didirikan Distel dan Henri-Paul Pellaprat pada tahun 1895 di Paris, Prancis.

Awalnya didirikan di salah satu kota dan negara paling romantis di dunia, kini Le Cordon Bleu telah hadir di berbagai negara di seluruh dunia termasuk di Australia. LCB memiliki 4 kampus di 4 kota di Australia yaitu Adelaide, Sydney, Melbourne dan Brisbane. Setelah lebih dari 120 tahun berdirinya, Le Cordon Bleu Australia mengajar 2.000 siswa setiap tahunnya.  

ADELAIDE

Salah satu kampus LCB berlokasi di ibu kota South Australia yaitu Adelaide yang juga merupakan kota terbesar ke 5. Berbeda dengan Sydney atau Melbourne, kota ini adalah salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Australia. Dengan populasi 1,3 juta jiwa, Adelaide adalah salah satu kota paling bersih dan paling aman di negaranya.

Kota ini memiliki 4 musim dengan suhu yang terbilang ramah. Saat musim panas suhu udara berkisar antara 250C-350C, saat musim gugur antara 200C-250C, musim dingin pada 100C-150C, dan musim semi 200C-250C.

SYDNEY

Ibu kota New South Wales ini adalah salah satu kota terbesar di Australia dan terkenal karena Sydney Opera House yang memiliki desain yang khas.

Kota ini merupakan sebuah kota metropolitan yang berkembang dengan hampir lima juta orang yang sepertiga penduduknya lahir di luar Australia, sehingga menjadikan Sydney sebagai salah satu kota paling multikultural di dunia. Kota ini juga memiliki populasi terpadat di Australia & Oceana.

Suhu rata-rata Sydney saat musim panas berkisar antara 18 sampai 290C, musim gugur 11 sampai 240C, musim dingin 9 sampai 170C, dan musim semi 11 sampai 240C.

MELBOURNE

Melbourne adalah ibukota pesisir negara bagian Victoria di Australia tenggara. Sedikitnya ada 3 alasan mengapa kampus Melbourne adalah pilihan terbaik untuk belajar:

  • Kota pelajar terbaik di Australia
  • Universitas dan fasilitas penelitian berkelas dunia
  • Dukungan 24/7 di Pusat Studi Pelajar Melbourne

Dengan populasi 4,9 juta Melbourne menjadi kota terpadat di negara bagian Victoria, dan kota terpadat kedua di Australia dan Oseania setelah Sydney.

BRISBANE

Brisbane adalah kota di mana hampir sepanjang tahun disinari matahari, atau tepatnya selama 283 hari dalam setahun. Temperaturnya pun hangat dan ramah bagi pelajar asal Indonesia yaitu antara 150C – 260C.

Ibu kota dari Queensland ini merupakan salah satu kota paling layak huni di dunia dengan populasi 2,27 juta jiwa. 27% dari populasinya lahir di luar Australia. Kota ini berjarak 1 jam dari Gold Coast.

PROGRAM

  Durasi Intake Persyaratan Biaya
Certificate III in Commercial Cookery 12 bulan Jan, Jul High school Year 11                       IELTS 5,5 (5,0 setiap komponen) AU$37,609
Certificate IV in Commercial Cookery 12 bulan Jan, Jul High school Year 11                       IELTS 5,5 (5,0 setiap komponen) AU$37,609
Advanced Diploma of Hospitality Management 2 tahun Jan, Jul High school Year 11                       IELTS 5,5 (5,0 setiap komponen) AU$58,830
Certificate III in Patisserie 12 bulan Jan, Jul High school Year 11                       IELTS 5,5 (5,0 setiap komponen) AU$37,609
Certificate IV in Patisserie 6 bulan Jan, Jul High school Year 11                       IELTS 5,5 (5,0 setiap komponen) AU$12,428
Advanced Diploma of Hospitality Management 2 tahun Jan, Jul High school Year 11                       IELTS 5,5 (5,0 setiap komponen) AU$58,830
Bachelor of Business (International Hotel Management) 3 tahun Jan, Jul High school Year 12                       IELTS 6,0 (5,5 setiap komponen) AU$83,564
Bachelor of Business (International Restaurant Management) 3 tahun Jan, Jul High school Year 12                       IELTS 6,0 (5,5 setiap komponen) AU$83,564
Advanced Diploma of Hospitality Management 2 tahun Jan, Jul High school Year 11                       IELTS 5,5 (5,0 setiap komponen) AU$58,830
Master of International Hospitality Management 2 tahun Feb, Aug S1 business / hospitality IELTS 6,5 (6,0 setiap komponen) AU$51,410

WORK PLACEMENT

Le Cordon Bleu memiliki banyak partner di industri perhotelan dan kuliner. Siswa akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti work placement, terutama siswa program Bachelor. Work placement ini berdurasi 2 x 6 bulan.

Selain work placement, dengan kemampuan siswa dalam bidang perhotelah dan kuliner akan memberi keuntungan yang lebih daripada siswa lainnya. Salah satunya adalah kesempatan bekerja paruh waktu yang dapat dilakukan selama 20 jam per minggu.

Baik work placement maupun kerja paruh waktu bisa menjadi sarana yang sangat bagus untuk mempraktikan yang telah dipelajari di kampus serta mengasah kemampuan agar lebih baik lagi.

CARA MENDAFTAR

Dapatkan informasi lengkap, atau daftar ke Le Cordon Bleu Australia dengan mengisi form di bawah: